kamar depan

―di sudut kamar yang seLaLu penuh dengan kata-kata―

haLusinasi pendengaran .. apakah itu ?

19 januari 2009.

eh, ada yang pernah tahu apa itu yang disebut haLusinasi pendengaran ?
atau ada yang pernah mengaLami nya?
kaLau yang pernah ngaLamin, kasih tahu ya !

yang sayah tahu, itu semacam mendengar suara tapi sebenar nya suara itu tidak ada.

haLusinasi pendengaran adaLah gejaLa yang muncuL disaat jiwa sedang geLisah.” itu yang dikatakan hatu kepada munsu daLam manhwa shin angyo onshi. daLam komik tu, tokoh utama—munsu—mengaLami haLusinasi pengLihatan dan haLusinasi pendengaran. cukup parah Lah pokok nya.

nah.
sayah juga mengaLami haL itu.
haLusinasi pendengaran.
sudah cukup Lama, dari beberapa tahun LaLu.
bahkan sempat mengganggu banget itu.

biasa nya,
ada suara perempuan atau Laki Laki yang mengajak sayah bicara,
atau suara yang sekedar bicara sendiri,
atau suara yang entah bicara dengan siapa,
atau suara yang sekedar memanggiL atau menyapa sayah
pada pendengaran sayah.
atau juga hanya suara bising seperti banyak orang yang berbicara.

duLu siy merasa horor.
jangan jangan itu suara makhLuk haLus ?
atau jangan jangan sayah membuat karakter Lain daLam diri sayah. atau sebenar nya itu suara sayah sendiri yang sayah ciptakan ?

saran beberapa teman : ke psikiater, konseLing, atau di ruqyah aja.

akhir akhir ni bahkan seperti mendengar simfoni Lagu, atau yang paLing sering yaitu mendengar suara “tit” dengan voLume yang cukup haLus. suara “tit” seperti suara ringtone mono pada hape atau suara seperti saat menekan tomboL hape. ini sering kaLi.

bahkan seLama menuLis postingan ini, sayah mendengar nya berkaLi kaLi.

cukup mengganggu memang.
dan terLaLu sering.

kaLau haLusinasi pengLihatan, beLum pernah.
tapi sebenar nya,
sayah ingin sekaLi mengaLami haLusinasi pengLihatan itu.
pasti Luarbiasa sekaLi jika bisa mengaLami nya.. hho.

dasar orang aneh (tapi ganteng).


memo : awaL nya mengganggu tapi Lama Lama mereka akan menjadi bagian dirimu

25 responses to “haLusinasi pendengaran .. apakah itu ?

  1. Pingback: tentang haLusinasi pendengaran itu. « nikoniko foundation

  2. Satria 23 February 2009 at 02:11

    Halusinasi buat saya akan lebih terasa setelah saya menonton film horor . krn pikiran dan emosi kita tertekan sehingga menimbulkan gambaran pada otak kita dan menimbulkan ketakutan. Jika kita tdk dapat mengontrolnya maka akan terjadi ketakutan yg berlebihan bahkan bisa jadi permanen.

    [tuannico] : wah.. begitu ya.
    kaLau sayah siy karena pikiran dan emosi yang kacau aja ya mungkin.
    sekarang sayah maLah sering merasa dunia di sekitar sayah berputar ke kiri dan ke kanan.
    tp tidak seperti sdg pusing atau gejaLa sakit.

    heran.

  3. Satria 23 February 2009 at 02:14

    Saran saya, hindari menjalani aktifitas yang cenderung negatif apalagi tidak bermanfaat, seperti nonton film horor, jalan malam2x di tempat sepi, dll. Semua perasaan itu akan hilang dengan sendirinya apabila kita berfikir secara positif dan percaya bahwa masih ada yang melindungi kita. terima kasih.

    [tuannico] : wah.. makasih ya om atas saran nya,
    tapi kebetuLan sayah ga suka nonton fiLm (jarang banget), apaLagi horor.
    iya benar. percaya saja bahwa masih ada yang meLindungi dan memperhatikan.
    makasih banyak ya atas saran nya ini.

    tp mungkin karena sayah sering meLamun mungkin.hhe

  4. Ifat 12 March 2009 at 13:12

    Kalau halusinasi sampai mengganggu mental dan pikiran, harap diwaspadai. Tapi kalau hidup masih fine-2 aja, cukup jaga temperatur mental agar selalu berpikir positif, jangan sampai terkena stress apalagi depresi. Jangan pernah gubris suara-2 tersebut, alihkan dengan kegiatan yang menyenangkan atau menyita perhatian kita. Jangan sering melamun dan berusaha mendengarkan suara-2 tersebut.

    [tuannico] : hmm.. gitu ya..
    makasih ya om atas saran nya..
    masih niy sampe sekarang suara suara nya.. ;)

    • Edi 18 January 2012 at 10:50

      saya juga begitu kawan tuannico,kalo sy dulu karna di ganggu jin/siluman/dan setan…
      skrg belum sembuh betul,skrg masih terdengar suara suara aneh tersebut,jangan digubris,soalnya bisa makin jadi… boleh dong kita sharing kawan…
      krim email ke edi_gouw@yahoo.co.id

  5. Pingback: bunuh diri, perLu kah ? mungkin. « nikoniko foundation

  6. Pingback: suara suara yang mengganggu .. « nikoniko foundation

  7. Hafid Algristian 9 April 2009 at 02:06

    hemm… menarik juga bahasannya…
    halusinasi, merasa ada impuls dari luar yang ditangkap oleh panca indera, namun telah dibuktikan tidak ada…

    [tuannico] : ahaha.. iya om.. begitu..

  8. Pingback: bersiap siap (tiga hari Lagi) « nikoniko foundation

  9. rina 5 July 2009 at 16:22

    ibu saya sering mendengar orang-orang berbicara ttg dirinya. dan dia sering marah-marah. dia sampai berhalusinasi pacar kakak saya sendiri dan mengata-ngatai dirinya. gimana tuh, dia sering mencari kesalahan dengan orang lain. padahal itu semua ga ada,.

    [tuannico] : wah.. itu beneran haLusinasi tante ?
    wah bingung juga sayah kaLo begitu mah..

    ah iya.. akhir akhir ni frekuensi haLusinansi suara nya makin padat. *bikinstress*

    makasi tante udah mampir.. :)
    tapi koq ga ada Link nya ?

  10. Pingback: kembaLi : kacau.. « nikoniko foundation

  11. Pingback: awesome ? handsome ? huh.. « nikoniko foundation

  12. Pingback: [monoLog tanpa arah] « nikoniko foundation

  13. heri aprilando 11 November 2009 at 10:35

    pertama harus percaya pada kenyataan. halusinasi suara mengalihkan diri dari kenyataan. tetap berjuang dan berpegang teguh pada kenyataan. arahkan segenap hati, pikiran dan jiwa pada kenyataan.

  14. rany 5 December 2009 at 20:53

    adik gw pernah mngalami halusinasi pendengaran..kadang dia mendngar suara gw lg ngobrol ma dia.pdhal gw ngga ngomong apapun ma dia.anehx lg suara2 yg dia dengar smuax negativ seakan2 kita ngomongin yg jelek2 ttg dia.lg tidur pun kadang terbangun krn mrasa ada yg ngomongin dia.yg aneh lg,pas ngedengerin radio,katax dia dnger penyiar radio lg ngomongin dia…

  15. diandian 28 January 2010 at 16:18

    wah horror.
    saya juga pernah loh tuan, tapi ga sering hehe

  16. Vie 19 May 2010 at 19:44

    Gejala gangguan jiwa mungkin. Hahaha.. Tak tahu aku, aku jg sering begitu. Kadang2 suara berisik, seperti orang bertengkar dan berteriak-teriak. Kadang sampai membuatku kaget, karena suara itu. Tapi hanya ada di dalam kepala sendiri. Tidak beneran ada.

    Yang lebih sering terjadi sih suara-suara yang berbicara sendiri di dalam kepala. Seperti percakapan antar individu, padahal sedang bicara pada diri sendiri. Dari berbagai perspektif dan karakter.

    Sepertinya banyak yang juga begini, tapi jangan terlalu dipikirkan selama ini membantu dan tidak terlalu mengganggu. Yah, akan sangat mengganggu kalau kau pikirkan terus. Hahaha.. Secara saya sendiri menganggap ini keuntungan. Maksudku, bukan penyakit atau apa, tapi kewajaran. Percakapan terhadap diri sendiri pun kurasa itu bagus. :))

    Kalau sedang sibuk, biasanya gak ada suara-suara itu. Biasanya ada kalau saya sedang banyak berpikir. Meskipun tidak jarang juga suara mengagetkan itu ada ketika saya sedang kerja. Tak tau juga.

  17. tuannico Liebert 19 May 2010 at 20:22

    >> tante @vie
    iya sih kaLo percakapan dengan diri sendiri ya pasti bagus. kita berdiskusi dengan pikiran. ya jadi kayak suara hati di shitnetron2 itu. :D

    sempat sangat mengganggu, karena frekuensi kehadiran suara yang cukup sering, sampai membuat saya bingung mana suara yang nyata, yang haLusinasi, atau sekedar suara pikiran yang saya ciptakan.

    benar, sejauh ini saya mengatasi nya dengan berpurapura tidak mendengar suara suara itu.
    tapi apakah tidak kaget ketika sedang tiduran sering ada suara “ayo nicoo, bangun..” “tidur aja, ga usah bangun ya..” hahaha. itu saLah satu contoh. tapi saya memang sering mendengar suara memanggiL nama saya. :)

    kaLau suara berisik, persis seperti suarapembisik di fiLm knowing, mungkin kamu pernah nonton.

    tapi bisa jadi suara2 ini ada kaitan nya dengan dunia mistis, karena tempat tinggaL ini saya cukup seram. :D

    oh iya, tadi saya tibatiba nanya tentang ini karena vio membahas tentang giLa. tibatiba kepikiran aja tentang ini.

    terimakasih tanggapan nya. *kasiduit

  18. ichiL 21 May 2010 at 19:30

    Jadi inget film Beautiful Mind-nya Russel Crowe. Pada awal film John Nash ditunjukkan mengalami obsesif kompulsif terhadap bilangan. Sampai pada akhirnya dia ‘merasa’ disuruh merendam anaknya yg masih bayi. Tapi kemudian dia mendapatkan terapi sebagai pasien skizofrenia. Namun di akhir film, masih ditunjukkan bahwa halusinasi visual Profesor John Nash tetap ada, dan dia mampu mengabaikannya, dan hidup normal.

    Membaca beberapa postingan dari om Nico ini, saya sendiri belum mampu mengambil kesimpulan apakah skizofrenia itu benar ada atau tidak. Namun halusinasi yg berulang dan adanya perubahan afektif/emosi dapat menunjang ke arah itu.

    Kalo boleh saya memberi sedikit informasi, bahwa orang2 yg introvert memang cenderung lebih mudah depresi, ini menurut meta analisis. Karena sesungguhnya menyalurkan emosi dan pikiran mampu mengaktifkan hormon2 yg mampu menimbulkan rasa aman dan nyaman, seperti serotonin dan endorfin. CMIIW.

    Saya sependapat dengan beberapa teman bang Nico untuk menghubungi psikiater atau psikolog :) Tapi mungkin langkah awal bisa dilakukan sesi curhat dengan orang2 yg dapat bang Nico percaya hehehe

    ehm… apa lagi yah…
    segini dulu deh… T_T
    maaf kalo kurang membantu…
    salam :)

  19. tuannico Liebert 21 May 2010 at 19:59

    >> tante @ichiL

    beautifuL mind. adaLah fiLm yang benar2 ingin saya tonton dari dahuLu. pernah hanya nonton sekiLas saja di tipi.

    tentang skizofrenia, terang saja sangat jauh dari itu. saya terkadang memang suka mengait2kan sesuatu. karena dari tahapan skizofrenia yang saya tahu (googLing) saLah satu gejaLa nya adaLah haLusinasi suara dan haLusinasi pengLihatan (yg pengLihatan pun seperti nya pernah saya aLami beberapa kaLi).

    seorang teman bahkan marah karena saya pernah mencantumkan ‘penderita gejaLa skizofrenia’ di bio twitter dan bLog saya. :p

    sejauh ini saya masih bisa hidup normaL.
    tapi saya akui, sekarang saya hampir tidak percaya kepada seorang pun sebagai teman curhat pribadi, dan saya memutuskan untuk curhat di bLog saja. *LabiLparah* :))

    doakan saja semoga saya siap menemui psikiater/psikoLog. :)

    sekaLi Lagi. terimakasih tanggapan nya. *peLuk

  20. ichiL 21 May 2010 at 20:13

    waduh…
    kalo ga bisa percaya orang satu pun… maka apa gunanya saya kasih komen *ndeprok*
    hehehe just joking :p

    hope everything will be fine :)

    up up up…

  21. tuannico Liebert 21 May 2010 at 20:44

    >> tante @ichiL

    haha. maksud nya saya yang suLit curhat ini ga mau Lagi curhat Langsung dengan orang.
    biarkan saja saya simpan sendiri apa pun itu. :p

    nah kaLo dengan tante noichiL ini mah nama nya berbagi informasi dan pengetahuan. hahaha.

    makasih ya. *ciyum

  22. bryn 18 April 2011 at 03:05

    haha saya juga pernah mendengar suara elektronik sperti ringtone p jadul,tapi jarang bgt..musik jg pernah..pdhl di keluarga ga ada riwayat begituan t_t

  23. George Rorry Repie 24 June 2012 at 14:02

    YTH.Tuan Nico Liebert
    Saya ingin minta petunjuk dan saran pencegahan/ penyembuhan
    Istri saya setiap hari mengalami halusinasi pendengaran sering dengar suara2 dan merasa tubuhnya sakit seluruh badan bahkan kadang2 (maaf) alat vitalnya merasa sakit.Istri saya berumur 52 th dan baru dalam pemulihan sakit ini , pernah menurut dr saraf katanya sakit distonia tetapi 3 bulan terakhir ini sudah membaik dan melakukan aktifitas yg positip spt memasak, mencuci dll dirumah. Mohon petunjuk dan saran dari Bapak terima kasih, George (Suami )

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers